DESTINASI WISATA DESA BANCAMARA


Pulau Giliyang merupakan salah satu pulau yang menyajikan tempat wisata kesehatan sekaligus menawarkan objek wisata alam dengan tempat-tempat yang indah. Pulau Gili Iyang disebut sebagai pulau wisata kesehatan karena memiliki kadar oksigen yang tinggi sebesar 20,1 % menurut Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jawa Timur, karena kandungan karbondioksida yang terdapat di pulau tersebut hanya sekitar 265 serta tingkat kebisingannya hanya 36,5 db. Sehingga juga disebut Pulau Oksigen yang memiliki kadar oksigen tertinggi ke dua di dunia. Tempat atau objek wisata yang menyajikan obejek wisata yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata lain yang juga dapat dikunjungi di Pulau Gili Iyang, seperti yang terdapat pada denah wisata seperti gambar berikut ini:


Gambar 2 Denah wisata Desa Bancamara Pulau Giliyang
Merupakan sebuah goa yang terletak di dusun Lembana, desa Bancamara. Goa sarepa memiliki stalaktit dan stalakmit yang beberapa masih mengeluarkan air. Sehingga menambah kesan keindahana di dalam goa. Goa sarepa memiliki banyak ruangan, dan di setiap ruangannya memiliki lubang besar diatasnya sehingga sinar matahari dapat masuk menyinari bagian dalam goa. Pada ruang-ruangnya juga terdapat taman-taman yang ditata dan dirawat oleh penjaga goa. Stalakmit dan stalaktit yang ada di dalam goa sarepa menjadi daya tarik tersendiri, bentuknya yang unik dengan cahaya goa yang tidak terlalu minim membuat para wisatawan dengan mudah dapat menikmati keindahannya dengan mata telanjang.

                                                                        Gambar 3 Goa Sarepa


Merupakan sebuah goa yang juga terdapat di Pulau Gili Iyang, khususnya di desa Bancamara. Di teras goa, kita sudah disambut dengan sususan stalaktit dan stalatmit yang terbentuk dengan indahnya. Akses menuju dari jalan utama memang cukup sempit namun tidak terlalu sulit dijangkau sekalipun menggunakan motor. Untuk masuk ke dalam goa, kita harus sedikit menundukkan badan kita karena struktur dinding goa yang rendah. Di dalam goa terdapat dua kolam yang disebut kolam putra dan kolam puteri. Kedalaman dari kolam bervariasi konon air yang terdapat di kolam goia tidak pernah habis namuin hanya surut.
Gambar 4 Goa Air
Merupakan sebuah tempat wisata yang cukup terkenal di pulau Gili Iyang. Batu canggah merupakan sebuah struktur batuan yang konon menurut warga terbentuk karena dulunya pernah terkena lemparan bom dari Belanda. Sehingga memebentuk pilar atau penyangga. Akses menuju batu canggah sedikit jauh dan jalannya cukup ekstrim karena harus menuruni anak tangga yang hanya terbuat dari bamboo yang disusun namun kita disuguhi oleh pemandangan laut lepas yang sangat indah.



Gambar 5 Batu Canggah

               D.    Titik Oksigen
Gili Iyang terkenal dengan sebutan pulau oksigen. Karena memiliki kadar oksigen yang cukup tinggi yakni mencapai 20,1%. Wisata sehat ini merupakan daya tarik utama. Banyak wisatawan mengunjungi Gili Iyang demi untuk menikmati oksigen asli dari pulau Gili Iyang. Letak dari lokasi titik oksigen sendiri berada tepat di tepi jalan utama desa sehingga mudah dijangkau.
Gambar 6 Titik Oksigen

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Giliyang khususnya Desa Bancamara dapat menggunakan perahu yang beroperasi di Pelabuhan Dungkek menuju pelabuhan Tajungan atau pelabuhan Anjal di Pulau Giliyang.  Dari pelabuhan menuju objek wisata dapat menyewa dorkas (kendaraan khusus). Wisatawan dapat menghubungi POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) yang akan mengantar atau menjadi tour guide menuju objek-objek wisata yang ada di Desa Bancamara termasuk jika ingin bermalam di Desa Bancamara dengan tarif yang ditentukan.



Ikuti juga instagram kami di Giliyangku .

0 Response to "DESTINASI WISATA DESA BANCAMARA"

Post a Comment