Sejarah Ringkas Daeng Masalleh


Menurut penuturan Lontara Goa Tallo “Ni Parallaka ri Balanda 1883”, Karaeng Bonto Langkasa I MAGGORAI DG. MAMMETA TUNIJALLO (Raja Gowa XII, 1565-1590). Salah seorang isterinya adalah Ratu Tallo V, Karaeng Baineya I SABO DG. NIASSENG, beranak 8 orang (3 perempuan dan 5 lelaki). Anak ketiga (Pr) bernama I BISU MALIBBA Karaeng MAPELLENG adalah kakak SULTAN ALAUDDIN (Raja Gowa XIV yang pertama kali memeluk agama Islam) diperisterikan oleh KARAENG PATTUNGA, mempunyai 2 orang anak :

Sejarah Ringkas Daeng Masaleh
Sejarah Ringkas Daeng Masaleh
KARAENG MASALLE
I TAMA LILI

Antara KARAENG MASALLE dan SULTAN MALIKUS SAID adalah misanan (saudara sepupu). Jadi KARAENG MASALLE adalah paman dari SULTAN HASANUDDIN. Karaeng Masalle (Daeng Masalleh) adalah orang pertama yang menemukan pulau Giliyang sekitar 1670 setelah kekalahan SULTAN HASANUDDIN  dalam perang Makassar dan ditandatanganinya Perjanjian Bongaya (1669)

Tujuan/misi Daeng Masalleh antara lain : 

Menyebarkan agama Islam.
Beliau sudah jenuh dengan pola kehidupan masyarakat Makassar yang sudah banyak dikuasai dan dipengaruhi oleh penjajah Belanda. Mencari sebuah pulau yang senantiasa terbentang tegak lurus dengan garis khatulistiwa (keistimewaan ini terbukti dengan kadar oksigen yang tinggi). Setelah menemukan pulau Giliyang beliau menghadap PANEMBAHAN SOMALA/Pangeran ASIRUDDIN (ayah Raja Sumenep SULTAN ABDURRAHMAN) dan beliau diizinkan tinggal di pulau ini. 

Daeng Masalleh datang ke pulau ini yang ke dua kali dengan sanak familinya. Sebelum itu Raja Sumenep mengutus 2 orang untuk membabat pulau Giliyang. Dalam Sejarah Sumenep dijelaskan bahwa Daeng Masallleh dijadikan Penasehat Raja Sumenep. Beliau wafat pada 1211 H (1796 M). Anak cucu Daeng Masalleh pada saat ini banyak menyebar di berbagai daerah antara lain; Raas, Sepudi, Kangean, Telango, Sumenep, Pamekasan, Situbondo, Jember, Yogyakarta, Jakarta, Lampung, Sibolga, Kalimantan Selatan, dan Bali. Silsilah keturunan Daeng Masalleh (9 turunan/level) tersimpan di dokumen Baty Com.


Penulis,
Achmad Bati, S.Pd.SD, M.Pd  ,Sumenep,  06 Juni 2016

Ikuti juga instagram kami di Giliyangku .

0 Response to "Sejarah Ringkas Daeng Masalleh "

Post a Comment