Wisata Kesehatan Di Gili Iyang


Pulau Gili iyang terletak di kecamatan Dungkek, kabupaten Sumenep Madura. Meskipun terdapat banyak pulau yang berada di Sumenep tetapi ada satu pulau yang memiliki kadar oksigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania. Menurut hasil penelitian pemanfaatan sains dan iklim pada akhir 2006 lalu yang kemudian dilakukan kaji ulang pada tanggal 27 Desember 2011 lalu oleh BLH (Badan Lingkungan Hidup) Sumenep dan Jatim serta pihak Bappeda menunjukkan bahwa pulau Giliiyang    mempunyai oksigen terbaik kedua di dunia. 

Pulau Giliyang memiliki konsentrasi oksigen sebesar   20,9% dengan level explosif limit (LEL) 05% dan setelah dikaji ulang pun hasilnya sama yakni oksigen pada pulau ini adalah antara 3,3 hingga 4,8 persen atau di atas normal. Jarak tempuh untuk menuju lokasi titik oksigen cukup jauh dari kota Sumenep. Untuk dapat sampai ke tempat lokasi dapat menggunakan kendaraan bermotor menuju pelabuhan dungkek sumenep. Setelah sampai di Pelabuhan kita dapat langsung naik kapal nelayan yang sudah tersedia sambil menunggu kapal penuh. 

Kapal tersebut bisa memuat  kendaraan bermotor dan sekitar 15orang penumpang. Lama perjalanan dari pelabuhan dungkek menuju pulau oksigen adalah sekitar 1 jam. Sesampainya di Pulau oksigen bisa langsung bertanya pada warga untuk menuju ke lokasi titik oksigen. Dari pelabuhan ke lokasi titik oksigen  adalah sekitar 5 km atau 10 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sesampainya di lokasi anda cukup membayar 3 ribu rupiah saja per orang.


Titik oksigen yang terletak di desa Bancamara ini memang sekilas nampak sederhana dan biasa saja, namun tempat yang dijadikan salah satu destinasi wisata yang memiliki udara yang segar dengan pepohonan yang rindang di sekitar tempat lokasi tittik oksigen. Selain suasana yang menenngkan, di sini juga terdapat toilet yang memang disediakan untuk pengunjung. Warga disekitar lokasi juga ada yang berjulan minuman dan makanan untuk isatawan yang datang berkunjung. Makanan yang dijual seperti rujak uleg dan air mineral.

Selain sebagai tujuan utama wisatawan baik dari lokal maupun wisatawan mancanegara, tempat ini juga cocok untuk dijadikan wisata kesehatan bagi penderita asma, gangguan pernapasan, paruparu dan juga stress. Udara yang sejuk dan serta suasana desa yang masih asri jauh dari polusi kota dan suara bising menambah suasana yang menenangkan serta cocok untuk anda yang ingin melakuan meditasi dan menghilangkan penat dari kebisingan kota.


Ikuti juga instagram kami di Giliyangku .

0 Response to "Wisata Kesehatan Di Gili Iyang"

Post a Comment